Jumat, 07 September 2012

Penting: Kenali Gejala Stroke Sedini Mungkin

     Anda dapat menyelamatkan nyawa seseorang yang terkena STROKE dengan memberikan pertolongan yang segera setelah melakukan identifikasi dengan test yang sederhana. Jikalau setiap orang dapat mengingat langkah-langkah sederhana berikut, maka semakin besar peluang kita untuk dapat menyelamatkan banyak orang.

Sebelumnya, simak ilustrasi berikut ini:
     Pada saat sebuah pesta, seorang teman terjatuh dan ia meyakinkan semua orang bahwa ia baik-baik saja dan hanya terpeleset sebuah batu karena sepatu barunya.
     Mereka membantu membersihkan orang tersebut dan memberikannya piring yang berisi makanan.
Meskipun Ingrid tampak masih kurang nyaman, namun ia melanjutkan aktivitasnya dan menikmati pesta. Suami Ingrid menelepon beberapa saat kemudian untuk memberitahukan semua orang bahwa istrinya telah dibawa ke rumah sakit, lalu pada jam 6 sore itu, kabar duka menghampiri - Inggrid telah meninggal dunia.
Ia terkena stroke pada saat pesta.
     Jika saja orang-orang di perta itu mengetahui bagaimana mengidentifikasi tanda-tanda stroke, mungkin Ingrid akan masih bersama kita hari ini, menebar senyum dan keceriannya.

     Sangat penting untuk bisa segera mengidentifikasi serangan stroke secepat mungkin.
     Terkadang tanda stroke sulit untuk di identifikasi. Korban stroke dapat mengalami kerusakan otak yang besar ketika orang di dekatnya gagal dalam mengindentifikasi tanda sebuah stroke.
     Seorang neurologist berkata bahwa jikalau ia mendapatkan korban stroke dalam jangka waktu 3 jam, ia dapat membantu membalikkan efek dari stroke tersebut secara total. Yang justru menjadi kesulitannya adalah bagaimana kita bisa mengenal sebuah serangan stroke, dan membberi pertolongan secara medis kepada pasien dalam waktu 3 jam.

MENGENALI STROKE:
     Dokter saat ini berkata bahwa orang biasa dapat mengenal serangan stroke dengan 3 pertanyaan simple di bawah ini:
Ingat 3 langkah, STR.
S = Minta orang tersebut untuk SMILE (Senyum)..
T = TALK. Minta orang tersebut untuk bicara kalimat yang mudah (secara langsung) contoh : Hari ini sangat cerah.
R = Minta dia untuk RAISE BOTH ARMS (Angkat kedua tangannya).

CATATAN: Tanda lain dari sebuah stroke adalah
1. Minta orang tersebut untuk menjulurkan lidahnya.
2. Jikalau lidah tersebut bengkok, atau jikalau lidah tersebut terjulur ke satu sisi atau lainnya maka ini adalah tanda-tanda sebuah stroke.

     Jikalau orang tersebut kesulitan dalam melakukan salah satu dari tugas diatas, segera panggil ambulans dan jelaskan tanda-tandanya kepada operator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

authorHello, my name is Ubudiyah Abbas. Sure, I'm not a Pirate from the Caribbean. Just a House Wife.
Learn More ?



A r s i p